Cool Blue Outer Glow Pointer

Kamis, 29 November 2018

BAHASA INGGRIS KELAS 5 SEMESTER 1

The Pineapple is yellow Materi Bahasa Inggris SD Kelas 5 - semester 1

The Pineapple is yellow

                    Dalam materi Bahasa Inggris SD Kelas 5 kali ini akan dibahas tentang Nama-nama buah juga kalimat sederhana tentang buah. Untuk adik-adik kelas 5, selain kosakata tentang buah yang harus kalian hafal juga harus sudah bisa membuat kalimat sederhana yang berhubungan dengan kosakata tersebut. Dalam hal ini adalah yang berhubungan dengan Nama-nama buah. Berikut ringkasan materinya.

1. Contoh kalimat
- It  is an orange.
  (Ini adalah sebuah jeruk.)
- The pineapple is yellow.
  (Nanas itu berwarna kuning.)
- There are five apples.
  (Ada 5 apel.)
- I like eating papaya.
  (Saya suka makan pepaya.)
- The watermelon is sweet.
  (Semangka itu manis.)
- Those are six mangoes.
  (Itu adalah 6 mangga.)
- These are five bananas.
  (Ini adalah 5 mangga.)
- The mango is green.
  (Mangga itu berwarna hijau.)
- That is a pear.
  (Itu adalah sebuah pir.)
- I don't like strawberry.
  (Saya tidak suka stroberi.)

2. Perbedaan That is dan Those are
- That is artinya Itu adalah, Digunakan untuk menunjukan benda atau sesuatu yang jaraknya jauh dan jumlahnya satu.
- Those are artinya Itu adalah. Digunakan untuk menunjukan benda atau sesuatu yang jaraknya jauh dan jumlahnya jamak atau lebih dari satu.

3. Perbedaan like dan don't like

Kalimat untuk menyatakan suka terhadap sesuatu dengan menggunakan kata like.
Contoh :
- I like apple.
  (Saya suka apel.)
- I like banana.
  (Saya suka pisang.)
- I like watermelon.
  (Saya suka semangka.)
- Windi likes papaya.
  (Windi suka pepaya.)

Kalimat untuk menyatakan tidak suka terhadap sesuatu dengan menggunakan don't like / doesn't like.
Contoh:
- I don't like orange.
  (Saya tidak suka jeruk.)
- I don't like mango.
  (Saya tidak suka mangga.)
- She doesn't like papaya.
  (Dia tidak suka pepaya.)

4. Latihan Soal
1. My sisters like ... orange.
   a. one
   b. two
   c. three
   d. eating
   Jawaban: d. eating

2. The apple is ....
    a. blue
    b. red
    c. black
    d. purple
    Jawaban: b. red

3. The grapes are ....
    a. purple
    b. blue
    c. brown
    d. black
    Jawaban: a. purple

4. These .... bananas.
    a. is
    b. am
    c. are
    d. that
    Jawaban: c. are

5. Sherina .... eating mango.
    a. likes
    b. don't like
    c. these are
    d. those are
    Jawaban: a. likes

sumber : http://www.kursusmudahbahasainggris.com/2016/08/the-pineapple-is-yellow-materi-bahasa.html

This is my Face Materi Bahasa Inggris SD Kelas 5 - semester 1

This is my Face

Belajar Bahasa Inggris lagi yuk.... Dalam materi Bahasa Inggris SD Kelas 5 kali ini akan dibahas tentang This is my Face (Ini adalah Wajah Saya), yang akan dipelajari mendalam yaitu tentang bagian-bagian dari wajah. Untuk para siswa SD Kelas 5 harus hafal kosakata yang berhubungan dengan bagian-bagian dari wajah juga bisa menyusun kalimat sederhana dengan benar menggunakan kosakata yang berhubungan dengan bagian-bagian wajah. Berikut ringkasan materinya.

1. Contoh kalimat.
- It is my nose.
  (Ini adalah hidung saya.)
- These are my eyebrows.
  (Ini adalah alis saya.)
- It is my forehead.
  (Ini adalah kening saya.)
- These are my eyes.
  (Ini adalah mata saya.)
- It is my cheek.
  (Ini adalah pipi saya.)
- It is my mouth.
  (Ini adalah mulut saya.)
- This is my chin.
  (Ini adalah dagu saya.)
- I can see with my eyes.
  (Saya dapat melihat menggunakan mata.)
- I eat with my mouth.
  (Saya makan menggunakan mulut.)
- My nose is to smell.
  (Hidung saya untuk mencium.)
- I brush my teeth everyday.
  (Saya menggosok gigi setiap hari.)
- It is my tongue.
  (Ini adalah lidah saya.)
- I taste the food with my tongue.
  (Saya merasakan makanan menggunakan lidah saya.)
- This is my face.
  (Ini adalah wajah saya.)

2. Perbedaan This is dan These are
- This is artinya Ini adalah, Digunakan untuk menunjukan benda atau sesuatu yang jaraknya dekat danjumlahnya satu.
- These are artinya Ini adalah. Digunakan untuk menunjukan benda atau sesuatu yang jaraknya dekat danjumlahnya jamak atau lebih dari satu.

3. Latihan Soal
1. I see with my ....
    a. eyes
    b. nose
    c. mouth
    d. lip
    Jawaban: a. eyes

2. We have .... eyes.
    a. one
    b. two
    c. three
    d. four
    Jawaban: b. two

3. I taste food with my ....
    a. tongue
    b. nose
    c. forehead
    d. face
    Jawaban: a. tongue

4. I .... my teeth everyday.
    a. see
    b. smell
    c. brush
    d. eat
    Jawaban: c. brush

5. ... is under mouth.
    a. chin
    b. cheek
    c. eyes
    d. eyebrow
    Jawaban: a. chin

sumber :  http://www.kursusmudahbahasainggris.com/2016/08/this-is-my-face-materi-bahasa-inggris.html

Good Morning, Ms.Yuli ! Materi Bahasa Inggris SD Kelas 5 - semester 1

Good Morning, Ms.Yuli !


Dalam materi Bahasa Inggris SD Kelas 5 kali ini akan dibahas tentang Greeting (Salam) dan Perkenalan (Introduction). Cohtoh, saat mengucapkan selamat pagi kepada Ibu Yuli dalam bahasa Inggris, yaitu: Good morning, Ms.Yuli (Selamat pagi ibu Yuli.). Pengucapan salam harus disesuaikan dengan waktunya, jangan sampai mengucapkan salam pada siang hari tapi tetap saja "Good morning" yang benar adalah "Good afternoon". Pada materi ini juga dibahas percakapan-percakapan sederhana tentang salam. Berikut ringkasan materinya.

1. Contoh Kalimat
- Hi, Ms.Yuli.
  (Hai, IbuYuli.)
- Hello, Iskandar.
  (Halo, Iskandar.)
- Good morning, Mr.Bakri. How are you today?
  (Selamat pagi, Pak Bakri. Apa kabarmu hari ini?)
- Good morning, Iskandar. I'm fine thanks.)
  (Selamat pagi, Iskandar. Saya baik-baik saja terima kasih.)
- Good afternoon, teacher.
  (Selamat siang, guru.)
- Good evening 
  (Selamat malam.)
- Good night, Mom. Have a nice dream.
  (Selamat malam, Ibu. Semoga mimpi indah.)
- It's time to go home Rina, Bye.
  (Waktunya pulang, Selamat tinggal Rina.)
- Good bye. See you later.
  (Selamat tinggal. Sampai jumpa lagi.)
- I have to go now. Bye.
  (Saya harus pergi sekarang. Selamat tinggal.)
- Hello, I am Nuri. I am an elementary student. I am in grade 5.
  (Halo, saya Nuri. Saya seorang murid SD. Saya kelas 5.)
- What is your name?
  (Siapa nama kamu?)
- What grade are you in?
  (Kelas berapa kamu?)
- How do you do.
  (Apa kabarmu.)

2. Catatan :
Perbedaan antara "How are you?" dan "How do you do."
How are you? Artinya apa kabarmu? Untuk menanyakan kabar teman yang sudah kita kenal.
- How do you do artinya Apa kabarmu.Diucapkan kepada teman yang baru saja kita kenal. Ini berarti bahwa ungkapan How do you do diucapkan pada pertama kali berkenalan dengan orang lain. Jika ada yang bertanya How do you do maka jawabannya adalah How do you do juga.

Perbedaan Good evening dan Good night.
- Good evening artinya selamat malam. Diucapkan pada saat bertemu dengan orang lain pada malam hari.
- Good night artinya selamat malam atau selamat tidur. Diucapkan pada saat akan berpisah pada malam hari atau pada saat akan pergi tidur.

3. Latihan Soal
1. It's 6 o'clock in the morning. We say ....
    a. Good night
    b. Good morning
    c. Good afternoon
    d. Good evening
    Jawaban: b. Good morning

2. If you meet someone, you say ....
    a. Good bye
    b. Bye bye
    c. See you later
    d. Hello
    Jawaban: d. Hello

3. Raisa : Hi, how are you?
    Sinta  : I'm fine, .....?
    Raisa : I'm very well thank you.
    a. and you
    b. good bye
    c. see you
    d. good night
    Jawaban : a. and you

4. Rina : Good bye, Rani.
    Rani ..... Rina.
    a. Good morning
    b. Good afternoon
    c. Good bye
    d. Good evening
    Jawaban: c. Good bye

5. Mother : ...., Dear. Have a nice dream.
    Cinta    : Good night, Mom
    a. Good night
    b. Good morning
    c. Good evening
    d. Good morning
    Jawaban : a. Good night

sumber : http://www.kursusmudahbahasainggris.com/2016/08/good-morning-msyuli-materi-bahasa.html

Things around School Materi Bahasa Inggris SD Kelas 5 - SEMESTER 1

Things around School


Dalam materi Bahasa Inggris SD Kelas 5 kali ini akan dibahas tentang Things around School (Benda-benda di sekitar sekolah). Untuk materi kelas 5, selain kosakata yang harus sudah hafal juga harus sudah bisa membuat kalimat sederhana yang berhubungan dengan kosakata tersebut. Dalam hal ini adalah yang berhubungan dengan benda-benda di sekitar sekolah.

1. Kosakata
- Canteen : kantin
- Library : perpustakaan
- Teachers room : ruang guru
- Office : ruang kepala sekolah
- Classroom : ruang kelas
- Laboratory : laboratorium
- Read : membaca
- Buy : membeli
- Food : makanan
- Palying : bermain
- Yard : halaman
- School guard : penjaga sekolah
- Librarian : pustakawan
- Flag ceremony : upacara bendera
- Toilets : toilet

2. Contoh Kalimat
- This is my school.
  (Ini adalah sekolah saya.)
- Myschool is clean.
  (Sekolah saya bersih.)
- The teacher is teaching in the classroom.
  (Guru itu sedang mengajar di kelas.)
- It is a library.
  (Itu adalah perpustakaan.)
- We can borrow some books in the library.
  (Kami bisa meminjam buku di perpustakaan.)
- The students usually eat in the canteen.
  (Murid-murid biasanya makan di kantin.)
- We buy food in the canteen.
  (Kami membeli makanan di kantin.)
- The price is cheap.
  (Harganya murah.)
- The teachers room is closed. The teachers are having meeting.
  (Ruang guru itu ditutup. Guru-guru sedang rapat.)
- The teachers are in the teachers room.
  (Guru-guru itu sedang berada di ruang guru.)
- The students are playing in the yard.
  (Murid-murid sedang bermain di halaman.)
- Mang Mahdi is a school guard.
  (Mang Mahdi adalah seorang penjaga sekolah.)
- He is very dilligent.
  (Dia sangat rajin.)
- There are five toilets in my school.
  (Ada 5 WC di sekolah saya.)
- We have flag ceremony on Monday.
  (Kami upacara bendera pada hari Senin.)
- Headmaster is in his office.
  (Kepala sekolah sedang berada di ruangannya.)
- Librarian services  the visitors of the library.
  (Pustakawan melayani pengunjung perpustakaan.)
- I borrow magazine from library.
  (Saya meminjam buku dari perpustakaan.)

3. Latihan Soal
1. The headmaster works in his ....
    a. classroom
    b. office
    c. toilet
    d. library
    Jawaban : d. office

2. The students borrow some books from .....
    a. library
    b. classroom
    c. flag ceremony
    d, laboratory
    Jawaban : a. library

3. Teacher : Farid, Don't play in the classroom!
    Farid      : ......
    a. thankyou
    b. Bye
    c. I'm sory
    d. I'm fine
    Jawaban : c. I'm sory

4, The students are studying in the ....
    a, canteen
    b. classroom
    c. office
    d. toilet
    Jawaban : b. classroom

5. We have flag ceremony on ....
    a. Sunday
    b. Monday
    c. Tuesday
    d. Wednesday
    Jawaban : b. Monday

SUMBER : http://www.kursusmudahbahasainggris.com/2016/08/things-around-school-materi-bahasa.html

My Sweet Home Materi Pelajaran Bahasa Inggris SD Kelas 5 - SEMESTER 1

My Sweet Home

Keterampilan dalam membuat kalimat sederhana sudah mulai ditekankan dalam pelajaran Bahasa Inggris SD Kelas 5. Tentu saja untuk membuat kalimat diperlukan kosakata yang menunjang sehingga kalimat yang dibuat memiliki arti dan bisa dipahami. Begitu juga dengan materi yang akan dibahas pada kesempatan ini yaitu tentang My Sweet Home (Rumahku yang nyaman). Berikut adalah ringkasan materinya.
1. Kosakata yang berhubungan dengan rumah
- Home : rumah
- Living room : ruang tamu
- Bedroom : kamar
- Master bedroom : kamar orang tua
- Bathroom : kamar mandi
- Dining room : ruang makan
- Kitchen : dapur
- Garage : garasi
- Garden : taman
- Cooking : memasak
- Praying sholat
- Take a bath : mandi
- Floor : lantai
- Wall : dinding 
- Chair : kursi
- Table : meja
- Aquarium : aquarium
2. Contoh kalimat tentang My sweet home
- This is my home.
  (Ini adalah rumah saya.)
- The home looks nice and clean.
  (Rumah itu tampak bagus dan bersih.)
- This is living room.
  (Ini adalah ruang tamu.)
- Father welcomes his guest in the living room.
  (Ayah menerima tamunya di ruang tamu.)
- My bedroom looks tidy.
  (Kamar tidur saya tampak rapi.)
- I take a bath in the bathroom.
  (Saya mandi di kamar mandi.)
- I take a bath twice a day.
  (Saya mandi dua kali sehari.)
- I have a beautiful garden.
  (Saya memiliki kebun yang indah.)
- The flowers are in the garden.
  (Bunga-bunga itu ada di kebun.)
- Mother is cooking in the kitchen.
  (Ibu sedang memasak di dapur.)
- I help my my mother.
  (Saya membantu ibu saya.)
- The car is in the garage.
  (Mobil itu ada di dalam garasi.)
- My father keeps his car in the garage.
  (Ayah saya menyimpan mobilnya di garasi.)
- We eat together in the dining room.
  (Kami makan bersama di ruang tamu.)
- I am praying in my bedroom.
  (Saya sholat di kamar.)
- Mother is sitting on the chair.
  (Ibu sedang duduk di atas kursi.)
- There is a carpet on the floor.
  (Ada sebuah karpet di atas lantai)
- There is an aquarium in the living room.
  (Ada sebuah aquarium di ruang tamu.)
3. Contoh soal latihan
1.  Father and mother sleep in the....
     a. garage
     b. living room
     c. kitchen
     d. bedroom
     Jawaban : d. bedroom
2. ..... is to take a bath,
     a. bedroom
     b. bathroom
     c. garage
     d. garden 
     Jawaban : b. bathroom
3. The ... are in the garden.
    a. flowers
    b. car
    c. stove
    d. dipper
    Jawaban : a. flowers
4. Father puts his car in the ....
    a. bathroom
    b. garage 
    c. dining room
    d. kitchen
    Jawaban : b. garage
5. The .... is to keep fish.
    a. bedroom
    b, bathroom
    c. aquarium
    d. chair
    Jawaban : c. aquarium
SUMBER : http://www.kursusmudahbahasainggris.com/2016/08/my-sweet-home-materi-pelajaran-bahasa.html

Things in the Classroom Bahasa Inggris SD Kelas 5 - SEMESTER 1

Things in the Classroom


Dalam materi Bahasa Inggris SD Kelas 5 kali ini akan dibahas tentang Things in the Classroom (Benda-benda yang ada di ruang kelas). Untuk materi kelas 5, selain kosakata yang harus sudah hafal juga harus sudah bisa membuat kalimat sederhana yang berhubungan dengan kosakata tersebut. Dalam hal ini adalah yang berhubungan dengan benda-benda yang ada di ruang kelas. 
Kalimat sederhana yang bisa dibuat bisa menggunakan kata "There is" dan "There are." Bagi yang belum paham dengan penggunaan "There is" dan "There are" , berikut adalah penjelasannya.
1. There is
Artinya ada (untuk benda yang jumlahnya tunggal atau satu)
Contoh kalimat:
- There is a board on the wall.
  (Ada sebuah papan tulis di dinding.)
- There is a map of Indonesia on the wall.
  (Ada sebuah peta Indonesia di dinding.)
- There is a tablecloth on the teacher's table.
  (Ada sebuah taplak meja di atas meja guru.)
- There is a broom beside the dustbin.
  (Ada sebuah sapu di samping tempat sampah.)
- There is a bookshelf in front of the class.
  (Ada sebuah rak buku di depan kelas.)
2. There are
Artinya ada (Untuk benda yang jumlahnya jamak atau lebih dari satu.)
Contoh kalimat:
- There are ten chalks in the box.
  (Ada sepuluh kapur di dalam kotak.)
- There are many chairs and tables in the classroom.
  (Ada banyak kursi dan meja di dalam ruang kelas.)
- There are three brooms in the classroom.
  (Ada tiga sapu di ruang kelas.)
- There are twenty five students in my class.
  (Ada duapuluh lima murid di dalam kelas saya.)
Selain kalimat yang menggunakan "There is" dan "There are", berikut adalah contoh kalimat-kalimat sederhana yang berhubungan dengan Things in the Classroom:
- The absence board is beside the board.
  (Papan absen itu ada di samping papan tulis.)
- Ms. Yuli is teaching in the classroom.
  (Ibu Yuli sedang mengajar di ruang kelas.)
- The students are sitting on the chairs.
  (Murid-murid sedang duduk di atas kursi.)
Kosakata yang bisa dugunakan untuk membuat kalimat:
1. Classroom : ruang kelas
2. Board : papan tulis
3. Chalk : kapur
4. Dustbin : tempat sampah
5. Wall : dinding
6. Table : meja
7. Tablecloth : taplak meja
8. Clock : jam dinding
9. Absence board : papan absen
10. Teacher's table : meja guru
11. Chair : kursi
12. Studying : sedang belajar
13. Teaching : sedang mengajar
14. Bookshelf : rak buku
15. Broom : sapu
16. In front of : di depan
17. In : di dalam
18. Beside : di samping
19. On : di atas
20. Behind : di belakang
21. Between : di antara
22. write : menulis
23. Use : menggunakan
24. Picture : gambar
25. Map : peta
Contoh soal untuk materi ini :
1. We sweep the floor with....
     a. chair
     b. table
     c. broom
     d. picture
     Jawaban    : c. broom (sapu)
     Penjelasan : Kami menyapu lantai menggunakan .....
2. ..... is to keep books
    a. bookshelf
    b. chair
    c. table
    d. wall
    Jawaban    : a. bookshelf (rak buku)
    Penjelasan : ...... untuk menyimpan buku.
3. Teacher : Andi, get me a chalk, please!
    Andi      : .....
    a. Good
    b. Thank you
    c. Nevermind
    d. Yes, Sir
    Jawaban : d. Yes, Sir (Ya, Pak)
    Penjelasan : Good : bagus, Thank you : terima kasih, Nevermind (tidak apa-apa)
sumber : http://www.kursusmudahbahasainggris.com/2016/08/things-in-classroom-bahasa-inggris-sd.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar